Senin, 25 Juni 2012

Perjalanan Karier 2PM


Anyyeong Haseyo…
          WuaAah… ngeliatin 2PM nggak pernah ngebosenin dech *hayo siapa yang setuju acungkan jempol… * Ok ChinGu untuk saat ini aq bakalan ngebahas all about 2PM, en kalo nggak ada halangan aku bakalan ngebahas tentang personil 2PM dalam tulisanku berikutnya. 


2PM
          2PM merupakan boyband hasil didikan JYP Entertainment  yang digawangi oleh Park Jin Young *bagi chingu yang belum tahu, Park Jin Young maen di serial drama korea ‘Dream High’.  Pada awalnya 2PM sendiri beranggotakan 7 orang cowok-cowok keren tapi karena sebuah kesalahan kecil yang dilakukan oleh Park Jae Beom memaksanya untuk meninggalkan member 2PM lainnya *hikzz.. sedihnya -_-.  Selain Jaebeom, member 2PM adalah Nichkhun, Junsu, Taecyeon, Junho, Wooyoung, and Chansung.  



          Awal mulanya boyband ini tidak hanya terdiri atas 7 orang saja  melainkan 13 orang dibawah group bernamakan ‘ONE DAY’, yang kemudian oleh JYP Entertainment di bentuk menjadi 2 Group yaitu 2AM en 2PM *kedua grup ini udah kayak sodaraan lho>>* Sebelum terbentuk kedua grup ini, mereka mengalami masa-masa training yang cukup lama. Bahkan mereka menjalani saat-saat tersulit dalam hidup mereka sebelum merasakan debut. Mereka harus menjalani latihan yang keras bahkan beberapa waktu sebelum debut, mereka harus mengalami pembinaan karakter bahkan fisik yang sangat keras. Kegiatan pembinaan itu bisa chingu semuanya nonton dalam acara ‘HOT BLOOD’ >>aq sampe nangis saat nonton ni acara… Mereka dibina dengan penuh kedisiplinan dan diajarkan untuk selalu berusaha keras dalam menjalani hidup. Daebak!!! Jempolku buat mereka dech, karena mereka tetap tabah dalam menjalani pembinaan tersebut *kalo aq, pasti udh minta pulang dech…
          2PM dibentuk dengan image yang jauh berbeda dari kebanyakkan boyband yang ada di Korea Selatan yang lebih menonjolkan citra pretty boy melainkan mereka diberikan image sebagai boyband dengan citra beast. Boyband ini melakukan debut pada tanggal 4 September 2008 dengan single 10 Out of 10" (10 jeom manjome 10 jeom) *wah video clipnya benar-benar sexy abisss!!! Dan sejak saat itu mereka mulai memperkenalkan diri pada masyarakat Korea Selatan sebagai boyband yang menonjolkan acrobatic dance. Anggota 2PM selain Nichkhun, harus menjalani audisi untuk menjadi bagian dari JYP Entertainment. Audisi juga dilakukan di luar Korea, seperti contoh, Jaebeom yang merupakan seseorang yang lolos audisi di Amerika Serikat. Sedangkan member yang lain juga udah memiliki pengalaman dalam industry hiburan sebelum menjadi bagian dari JYP Entertainment, seperti Junsu yang telah memenangkan berbagai kompetisi menyanyi, Taecyeon, Junho, dan Chansung merupakan peserta “Survival Superstar’. Sedangkan Wooyoung merupakan juara dari Audition Dance 2007 JYP yang diadakan di Busan. 
Jatuh Bangun 2PM!!!
          Yach… namanya juga bergelut di dalam dunia entertainment, roda kepopuleran itu tak selalu berada di atas tetapi bisa juga berada di bawah. Tapi salut buat 2PM yang bisa melewati masa-masa sulit mereka…
Awal Karir 2PM

        
 2PM mengawali debut mereka dengan single “10 jeom manjome 10 jeom” pada tanggal 4 September 2008.  Kemudian pada 17 Oktober 2008, mereka mulai mempromosikan “Only You” yang merupakan salah satu lagu yang berasal dari mini album mereka “Hottest Time Of The Day”. Pada tanggal 16 April 2009, 2PM kembali merilis mini album yang kedua dengan judul “2:00 PM Time ForChange”, yang mulai dipromosikan pada 23 April 2009. Pada tanggal 9 mei 2009, mereka memenangkan penghargaan pertama mereka di M! Countdown, dan dalam minggu yang sama, mereka memenangkan penghargaan yang kedua di SBS Inkigayo. Dan pada minggu berikutnya mereka memperoleh penghargaan yang ketiga. Mereka mulai mempromosikan “I Hate You” pada tanggal 11 Juni 2009 di M! Countdown. Pada tanggal 12 dan 13, 2PM mencapai tempat pertama pada M! Countdown dan grafik Music Bank untuk lagu tersebut. >>>Daebak!!!
Kontroversi di Tahun 2009

          Wah ini masa-masa terberat 2PM. Setelah mendapatkan berbagai penghargaan dan mulai menginjakkan kaki di berbagai show, 2PM tertimpa sebuah masalah yang melibatkan sang leader, Jaebeom. Pada tanggal 4 September 2009, muncul artikel di internet tentang posting Jaebeom yang sebenarnya dibuat pada tahun 2005 dalam account pribadi Myspace-nya, yang berisi tentang ketidaksukaan Jay terhadap Korea. Jay menyampaikan permintaan maaf mengenai hal itu, kemudian mengambil keputusan untuk meninggalkan 2PM dan Korea untuk kembali ke Amerika Serikat.  Keputusan Jay menuai begitu banyak reaksi termasuk dari para anggota 2PM dan Hottest.>>>benar-benar menyedihkan.
Bangkit Kembali>>>Daebak!!!

          Walaupun tertimpa masalah seperti itu, 2PM tak pernah menyerah *syukurlah… Pada 31 oktober 2009, 2PM menyelesaikan video klip mereka yang berjudul “Heartbeat”. Pada saat konferensi pers, terungkap bahwa vocal Jaebeom tidak akan dihapus dari lagu tersebut. Sehari setelah album mereka diorbitkan dengan 2PM yang beranggotakan 6 orang, Park Jin Young sebagai presiden JYP Entertainment mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa Jaebeom akan kembali sebagai angota 2PM, dan jika Jaebeom kembali, ia akan merilis album “Come Back” untuknya. Dukungan untuk kembalinya Jaebeom juga datang dari anggota 2PM lainnya, mereka memutuskan untuk membagi pendapatan dari album pertama mereka dengan Jaebeom, dengan jumlah yang sama rata. *wah… mereka benar-benar hebat.
          Album mereka yang berjudul “01:59”, dirilis pada tanggal 10 November 2009. 2PM mulai kembali naik pentas, menandakan awal dari kegiatan promosi album mereka di Mnet “O Good Concert” pada tanggal 12 November 2009. Mereka pun kembali menerima berbagai penghargaan bergengsi pada Mnet Asia Music Awards yaitu penghargaan untuk ‘Best Male Group’ dan Artist of the Year.  Pada saat melakukan performance dan membawakan “Again & Again” mereka memberikan penghormatan kepada Jaebeom dimana lampu sorot menunjukkan bahwa posisi Jaebeom dalam formasi tari dan vocal tidak tergantikan. Pada akhir 2009 2PM mengeluarkan single kedua dari album “1:59”, ‘Tired of Waiting’.
          Pada 25 februari 2010, JYP menyatakan bahwa Park Jaebeom tidak akan kembali ke 2PM, dan kontraknya dengan JYP Entertainment diberhentikan secara permanen. Dan dalam acara konferensi pers yang diadakan 2 hari kemudian, 2PM menyatakan bahwa mereka akan terus menjadi 2PM dngan beranggotakan enam orang, dan tidak akan memilih leader baru sebagai pengganti Jaebeom, karena bagi mereka Jaebeom tetaplah leader 2PM >>>wuah… jadi terharu.
          Chingu udah pada denger belum hasil rekaman jumpa fans en konferensi pers yang diadakan oleh JYP Entertaiment yang dihadiri oleh ke 6 member 2PM dan perwakilan JYP, Jung Wook? Aq sich udah denger, tapi rekamannya dalam bahasa inggris. Tapi aq bakal bagiin beberapa hasil tanya jawab yang kebetulan udah diterjemahkan: 
Q         : Kita ingin tanggapan jujur tentang mengapa semua anggota 2PM selalu menyebut nama Jaebeom di acara TV dan wawancara mereka walaupun keputusan mereka untuk setuju Jaebeom mundur dibuat pada 6 Januari.
2PM     : Walau dia sudah mundur, dia masih hyung yang baik buat kita, saya merasa bukan masalah untuk menjadi jujur bahwa kita merindukan dia, dan mulai sekarang, jika kita kangen dia, kita akan mengatakannya, kita merasa ini bukan masalah.
Q         : sampai kapan pembagian pendapatan aktif dilakukan?
2PM     : Tidak ada uang lagi ketika kontraknya diakhiri. Pendapatannya berakhir pada bulan Desember, Januari sudah tidak ada lagi.
Q         : Pada pernyataan resmi kemarin, kalian mengatakan kalimat ‘sebuah kesalahan pribadi yang fatal’. Apakah kalian dapat bertanggung jawab dengan kata-kata tersebut?
Jung Wook   : Saya akan menjawab dengan 3 kalimat. 1. Setelah kesalahan itu terjadi, kita tidak ingin anggota 2PM lain berubah menjadi pengkhianat. 6 anggota ini sama pentingnya dengan 1 anggota. 2. Notifikasi ini berdampak pada semua korea. Kita tidak bisa berbohong. 3. Enam anggota 2PM ini adalah korban, dan jika kita tidak membicarakan kebenaran ini dan mengeluarkannya sebagai ‘kesalahan fatal’. Orang-orang akan salah paham.
Q         : apakah kalian akan terus memakai nama “Hottest” untuk fansclub 2PM?
Jung Wook   : Iya, apa kamu mencoba mengatakan anggota lainnya ini bukan 2PM? Tidak, enam anggota ini juga 2PM, oleh karena itu kami akan terus menggunakan nama ‘Hottest’.
          Terus terang waktu aku mendengar rekaman itu, aku menitikkan air mata… Sedih dech rasanya… tapi untungnya hal itu tidak berlarut-larut. Dipertengahan April 2010, 2PM kembali merilis album dengan judul “Don’t Stop Can’t Stop” yang menampilkan sisi mereka yang lebih kuat, dengan single utama berjudul “Without U” *wah ni lagu MV-nya kueeerennn bgt… pada 11 Oktober 2010, 2PM merilis album ke-4 yang berjudul ‘Still 2:00 PM’ dengan single utama “I’ll Be Back” *yang kata member 2PM gerakan suffle dance dalam MV ini susah banget… Tanpa diduga, album ini menempati posisi 13 di Billboard’s World Album Chart pada 1 November 2010. *saluuuut… untuk kerja kerasnya. 2PM kembali merilis album baru berjudul “Hand Up” . Album ini dirilis dalam format digital pada tanggal 20 Juni 2011 dan dirilis dalam bentuk fisik pada tanggal 21 Juni 2011 dan juga edisi terbatas pada tanggal 23 Juni 2011. Edisi berbahasa Jepang juga dilengkap dengan 24 halaman album foto. *wuaah keeereen..
          Di tahun 2011, 2PM mulai merambah penggemar music di Jepang. Pada 30 November 2011 2PM merilis album Jepang untuk yang pertama kalinya dengan judul “Republic Of 2PM” *wah lagu dalam album ini kueeereeen banget… en salah satunya dibuat oleh member 2PM, Junsu…
          Album terbaru 2PM berjudul “2PM Member Selection” dirilis pada tanggal 21 Mei 2012. Album ini merupakan album yang meremake kembali lagu-lagu yang dinyanyiin oleh mereka dan merupakan lagu favorit para member. Single pertamanya berjudul “Only You”… wah lagu ini dibawakan dengan soft banget oleh 2PM dengan MV yang keren banget…
          Wah… chingu tak terasa ya, tulisanku kali ini panjang banget… mudah-mudahan chingu nggak pada bosen… udah dulu yach… entar ketemu di cerita berikutnya…

Gomawo…

0 comments:

Poskan Komentar